Mission Addressing Challenges in the 21st Century through ICT

 

Bila video tidak nampak, Anda dapat melihat video tersebut di sini atau di sini.

 

Teknologi telah berkembang begitu pesat.  Banyak orang, lembaga, maupun industri sangat terbantu dengan kemajuan teknologi yang kian memudahkan pekerjaan mereka. Namun amat disayangkan,  IT juga menjadi barang mewah dan tidak terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah di perkotaan, termasuk mereka yang berada di desa-desa dan pelosok wilayah. Kemiskinan dari sisi pendidikan, kesehatan dan ekonomi pun menjadi ancaman yang mencengkeram kehidupan mereka yang kurang beruntung tersebut. Bagaimanakah sebagai anak2 Tuhan dan kaum profesional, kita melihat hal ini ? Apa peran & kontribusi yang dapat diberikan oleh adanya kemajuan IT di tengah-tengah kondisi seperti ini ?

 

 

Melihat kondisi tersebut, IT Ministry (ITM), sebuah komunitas Kristen non-profit, hadir dan terpanggil untuk menjadi salah satu jawaban doa yang selama ini mungkin kita selalu doakan : "Indonesia Yang Lebih Baik" melalui integrasi antara Iman, Ilmu di bidang IT ataupun bidang2 strategis lainnya, dan Kondisi yang nyata di sekitar kita

Dengan berbekal kondisi dan momentum yang ada, maka ITM bergumul dan memutuskan untuk mengadakan ITM Gathering 2012 yang akan diadakan pada tanggal 16 - 18 November 2012 di Jambuluwuk (Ciawi). ITM Gathering ini ialah pertama kalinya ITM Gathering yang diadakan ber-skala ASEAN. Tema yang menjadi fokus pada Gathering tahun ini ialah "Addressing Mission Challenges in the 21st Centuries Through ICT"

 

Tema ini diambil dengan dasar pemikiran & pergumulan bahwa bagaimana setiap anak Tuhan dari berbagai macam talenta, profesi dan latar belakang yang ada untuk kemudian bersama-sama saling bersinergi, mengembangkan dan mempertajam diri dalam menyikapi berbagai macam tantangan yang ada di bidang misi melalui Information & Communication Technology (ICT). Ada empat bidang besar yang akan dibahas, yakni pendidikan, bisnis/ekonomi masyarakat, kesenjangan digital, dan juga kesehatan masyarakat

 

 

Fokus utama yang akan disorot dalam tema ini ialah The Poor (orang-orang yang miskin / kekurangan / terbatas SDM-nya dan daya jangkaunya terhadap ICT). 

Tentu beberapa dari kita akan bertanya : "Mengapa mereka (the poor) ?" Kami, panitia ITM Gathering, melihat bahwa tidak banyak terutama anak Tuhan dari kaum profesional yang membahas dan punya perhatian khusus ke mereka. 

 

Ketika bicara dan membahas tentang the poor, berarti kita harus siap untuk meninggalkan comfort zone kita. ICT membuat kita menjadi orang-orang yang nyaman di belakang komputer dan kurang bersosialisasi. Biasanya orang yang mengerti ICT/ IT profesional ialah orang-orang yg well-educated, tinggal di kota, dan mungkin jarang bersentuhan dengan the poor secara fisik. 

Kita tidak bisa menutup mata & memungkiri bahwa masih ada begitu banyak orang miskin yang penghasilannya jauh di bawah pendapatan per kapita pada umumnya. Melalui Firman Tuhan, kita belajar untuk mengintegrasikan iman dengan kenyataan hidup/realita yang kita jumpai sehari-hari.

 

 

Adapun target peserta dari gathering ini adalah

  • Profesional IT (HW, SW, Communication)
  • Mahasiswa, pelajar dan pengajar
  • Wiraswastawan IT
  • Kalangan Insitusi (gereja, LSM/NPO)
  • Kaum profesional di bidang non IT yang rindu belajar dan berjejaring dengan orang-orang IT untuk membantu kaum 'the poor'

Anda semua kami undang untuk menghadiri ITM Gathering 2012, bersama saudara seiman bergumul dan bertumbuh bersama.

 
Untuk detail acara, Anda dapat melihatnya di sini atau Anda juga dapat mengakses menu ITM Gathering 2012 dan sub menu nya.
 
Bergabunglah dengan kami dan daftarkan diri Anda (Early Bird 30 September 2012)!

 

Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai gathering, Anda dapat menggunakan salah satu media di bawah ini :

Atau hubungi kami di contact@itministry.org