Blogs

Opening - Web Developer php dan MySql - Urgent

Salam dalam kasih Kristus,

Teman2, pada saat ini IT Ministry memiliki beberapa permintaan pengembangan aplikasi Non Profit.

Untuk meresponi kebutuhan tersebut, maka pada saat ini IT Ministry akan mengkoordinir kebutuhan tersebut dan memberikan peluang kepada aktifis di komunitas IT Ministry untuk dapat berpartisipasi secara profesional dibidang ini.

Adapun bbrp project yg menjadi prioritas pembuatan software :
1. Event Management System (Urgent)

Sharing Pengalaman Ngoprek PC 5 Roti 2 Ikan

Hi teman2 semua, kali ini aku ingin membagikan pengalaman melayani di IT Ministry yang baru saja kami alami hari ini. Jadi ceritanya, salah satu program utama ITM pada tahun ini adalah memberikan pelatihan dasar komputer & mengetik untuk para staf lembaga 5 Roti 2 Ikan.

Karir Sebagai Kurir Allah

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, potensi-potensi untuk berkarir dan berkontribusi di bidang IT pun kian meningkat. Ada berbagai macam bidang dan posisi yang dapat diraih. 
 

FOSS Day, 25 Agustus 2012

Lebih kurang 50 orang telah menghadiri Seminar FOSS (Free Open Source Software) day, pada tanggal 25 Agustus 2012 yang lalu. Dengan berkat Tuhan, acara tersebut berjalan dengan baik. 

Buat rekan-rekan yang belum dapat menghadiri seminar tersebut, teman-teman dapat mengakses rekaman suara dari pembicara, Bapak Onno W. Purbo di sini. Untuk file video bisa diakses di sini

HAKI vs Kapitalisme

Menurut penelitian yang dilakukan BSA (Business Software Alliance) baru-baru ini, negara Indonesia menempati peringkat 11 untuk urusan pembajakan software terbesar di dunia, dengan prosentase 87%. Dalam laporan bertajuk Studi Pembajakan Software Global 2011, BSA menyatakan, sekitar 59 persen pengguna komputer di Indonesia mengaku memperoleh software (piranti lunak) bajakan. Tingkat pembajakan software di Indonesia pada tahun lalu mencapai 86 persen, artinya lebih dari 8 dari 10 program yang di-install oleh pengguna komputer adalah software tanpa lisensi dengan nilai komersial US$ 1,467 miliar (sekitar Rp12,8 triliun). Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI sering kali menjadi isu yang kontroversial bagi orang2 IT maupun non-IT.

Berkaca dari hal di atas, muncul beberapa pertanyaan yang sering menggelitik hati kecil kita sebagai orang Kristen. Apakah membajak software itu salah ?  Apakah membajak sama dengan mencuri barang orang lain tanpa izin ?

Apakah perlindungan HAKI ditujukan demi kepentingan kapitalisme semata? Bagaimana kita melihat HAKI dari kaca mata Firman Tuhan? 

Puji Tuhan, Sabtu, 28 Juli 2012 lalu, monthly fellowship IT Ministry dapat berjalan dengan baik. Tema fellowship saat itu adalah HAKI vs Kapitalisme. Tema tersebut sangat menarik dan mendapat tanggapan positif dari rekan-rekan IT Ministry.  

Melayani Melalui Teknologi Informasi

Sumber: perkantasnews rubrik S A P A 

Kita berada di zaman teknologi komunikasi daninformasi, sampai-sampai Pemerintah kita memilikisatu bidang yang khusus menangani berbagaipermasalahan seputar itu, yakni Kementerian Komunikasidan Informasi. Teknologi Informasi (InformationTechnology/IT) juga dapat dipakai dalam pelayanan untukpendataan, komunikasi, maupun edukasi. 

Namun demikian,Narni Wang, S.Si. yang menggagas pelayanan IT (IT Ministry) mengatakan, masih banyak profesional di bidang IT yangbelum menangkap potensi tersebut.Ketika ditemui di rumahnya di daerah Gunung Sahar ibeberapa waktu yang lalu, koordinator IT Ministry yangsering disapa Cik Narni itu menyatakan keprihatinannyaterhadap fakta banyaknya gereja maupun lembagapelayanan yang belum melirik pentingnya pemanfaatanteknologi komunikasi dan informasi ini.

Menggumuli pelayanan IT

Alumnus Binus angkatan ’91 ini pertama kali menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya dalamsebuah acara kebaktian tahun ajaran baru di kampusnya.Sejak saat itu, dia selalu hadir dalam tiap persekutuan yangdiadakan di kampus.Pada tahun 1993, ketika masih berada di tingkat dua,Cik Narni yang menekuni sistem informasi ini mulai bekerjadi IFS, sebuah perusahaan multinasional pengembangperangkat lunak yang berbasis di Swedia. Meski disibukkandengan pekerjaan dan kuliah, dia tetap menyediakan waktuuntuk mengikuti persekutuan Oikumene di kampusnya.Pada tahun 1995, penyuka seafood ini mengikuti KampNasional Mahasiswa di Wisma Kinasih yang kemudianmemperbarui visi hidupnya. Di kamp itulah dia mengambilkomitmen untuk menjadi seorang misionaris di bidang ITdan mulai bergumul untuk itu.

IT Ministry - Jangkau Jiwa Dengan Teknologi

Sumber: Tabloid Reformata

Teknologi telah berkembang begitu pesat.  Banyak orang, lembaga, maupun industry sangat terbantu dengan kemajuan teknologi yang kian memudahkan pekerjaan mereka.   Namun amat disayangkan, pemanfaatan Teknologi Informasi (TI)  di kalangan gereja tidak berbanding lurus dengan manfaat yang  dirasakan oleh dunia sekuler.  Visi optimalisasi TI sebagai alat untuk memajukan pekerjaan Tuhan ini ditangkap oleh Narni Wang, Pendiri dan Ketua IT Ministry sejak tahun 1995, tepatnya ketika mengikuti Kemnas Perkantas, 17 tahun lalu.  

 
Memang bukan soal mudah mewujudkan visi itu.  Ada proses panjang yang harus ditempuh oleh Narni, termasuk proses menelusuri bagaimana Tuhan memberi kejelasan visi lewat peneguhan banyak Hamba Tuhan dan misionaris. Juga melalui perbincangan dengan banyak lembaga misi lain yang notabene menyatakan bahwa pelayanan TI itu sangat dibutuhkan.  “namun berjalannya waktu memang belum terlalu jelas, bentuknya akan seperti apa…  Beberapa Hamba Tuhan juga menguatkan, bahwa TI itu diperlukan di ladang pelayanan”, terang mantan karyawan di sebuah industri pembuatan software ini.   
 
Di tahun 2002 visi itu coba diwujudkan oleh Narni dan Suami, sekembalinya mereka dari Amerika. Beban  untuk memulai pelayanan TI di Indonesia ini tak lain adalah kerinduan alumni Universitas Bina Nusantara angkatan 1991 ini, agar mereka yang mengerti dunia TI, dan mengerti manfaat TI, dapat mengaktualisasi ilmu mereka bagi pelayanan.  “Jadi mereka bisa mengintegrasikan antara iman, ilmu dan pelayanan mereka”.
 

IT Ministry Fellowship :: Sabtu, 28 April, 9.30 - 12.00 :: How God can Use Web Technology - FREE

Menurut laporan riset dari lembaga netcraft & hitwise, pada tahun 2010 ada:

 
255 juta website di internet
152 juta blog
175 juta orang menggunakan facebook tiap jam
3 milliar foto diunggah ke facebook tiap bulan

2 miliar video Youtube ditonton orang tiap hari

Mengapa kita perlu mengerti teknologi web & apa dampaknya bagi kehidupan kita ?

perubahan-perubahan apa saja yang telah & akan kita alami dalam kehidupan manusia lewat teknologi ini?
Bagaimana kita menguasai technology ini untuk memberi manfaat lebih dalam kehidupan manusia, termasuk pekerjaan Tuhan di bumi?

Laporan Mission Trip ITM - Singkawang, 16-19 Maret 2012 - Part 1

Terimakasih untuk dukungan teman2 semua. Puji Tuhan semua kegiatan berjalan baik sesuai dgn rencana dan Tuhan begitu baik mengatur semuanya .

Kesimpulan :

  • Pelatihan terus berlanjut dengan 1 kelas = 20 siswa , mereka seperti kursus dan akan mendapat sertifikat berdasar keharidan dan kemampuan test, pendaftaran tiap modul. kelas di mulai jam 14.00-17.00, makan siang di berikan, mereka membayar Rp.3,000 dan harga makan siang yg akan kita sediakan Rp.10.000.
  • Pihak SD torsina, GKKB singkawang, RSUB serukam dan ITM sepakat kita akan terus melakukan pelayanan ini seperti tujuan semula. Hanya akan ada bbrp perkembangan.